Kelola Pengeluaran (Role Admin Sekolah)

Pada panduan ini akan dijelaskan bagaimana cara mengelola atau mencatat pengeluaran sekolah pada aplikasi Sekoolah.id. Segala jenis pengeluaran sekolah akan dicatatkan pada menu ini sehingga akan memudahkan pihak sekolah untuk mengetahui kemana saja uang sekolah dibelanjakan dan sudah berapa banyak uang dibelanjakan pada periode waktu tertentu.

Berikut cara melakukan pengelolaan pengeluaran dana sekolah pada aplikasi Sekoolah.id:

  • Masuk ke modul Keuangan.
  • Klik menu Pengeluaran.
  • Maka akan muncul data pengeluaran yang pernah Anda catatkan.
  • Untuk menambahkan data pengeluaran baru klik Buat Baru.
  • Lengkapi data pada form baru yang muncul:
    • Sekolah : pilih nama sekolah Anda.
    • Kategori : pilih kategori pengeluaran. Kategori pengeluaran adalah hasil dari yang diinputkan pada menu Kategori Pengeluaran.
    • Jumlah : ketikkan jumlah yang dikeluarkan
    • Keterangan : ketikkan keterangan terkait dengan pengeluaran
    • Tanggal : pilih tanggal kapan pengeluaran dilakukan
    • Berkas : pilih file bukti pengeluaran, bisa lebih dari satu dan pilihan ini adalah opsional atau boleh dikosongkan.

    • Kemudian klik Simpan.
    • Maka data pengeluaran yang tadi Anda inputkan akan muncul.

Disediakan juga filter yang bisa Anda gunakan untuk melihat total pengeluaran selama periode tertentu. Misal seperti contoh berikut ini:

Terlihat bahwa untuk kategori Tagihan Rutin mulai dari 1 Januari 2023 s/d 8 Oktober 2023 ada 2 transaksi pengeluaran dengan total nilai 550.000.